POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Twitter : @Louishaurissa

PLAT H SEMARANG


LAPORAN OBSERVASI
K3 (KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA) DAN HUKUM KETENAGAKERJAAN
PLAT H AUTO STATION



Nama Kelompok :
Ardi Firmansyah          (TE – 1 BC / 03)
Lorenza Louis N. O. H            (TE – 1 BC / 11)
Nur Khodijah M. A     (TE – 1 BC / 14)
Richa Dewi A.              (TE – 1 BC / 16)
Wahyu Derajat S.        (TE – 1 BC / 17)

PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
TAHUN AJARAN 2013 / 2014

        I.            LATAR BELAKANG
Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas observasi mata kuliah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan Hukum Ketenagakerjaan tentang penerapan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan Hukum Ketenagakerjaan di perusahaan.
Observasi kali ini, kelompok kami memilih Plat H Auto Station sebagai perusahaan yang akan diwawancarai.

      II.            TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya observasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan  Hukum Ketenagakerjaan ini adalah :
·         Mengetahui pelaksanaan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan  Hukum Ketenagakerjaan di perusahaan.
·         Mengetahui peraturan yang diterapkan di Plat H Auto station.
·         Mengetahui Standart Operasional Plat H Auto Station.

    III.            TOPIK WAWANCARA
Penerapan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan  Hukum Ketenagakerjaan dalam perusahaan

    IV.            WAKTU DAN TEMPAT WAWANCARA
Kegiatan wawancara ini dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal     : Selasa, 15 April 2014
Pukul                     : 13.30 – 15.30
Tempat                                : PLAT H AUTO STATION Jalan Pamularsih 46A Kota Semarang

      V.            PELAKSANA WAWANCARA WAWANCARA
Narasumber       : Budi Suminarto
Pewawancara    : Ardi Firmansyah dan Wahyu Derajas Shobastian
Sekertaris            : Nur Khodijah M Alfisyahrin dan Lorenza Louis Natalia
Dokumentasi     : Richa Dewi Azdani


    VI.            DAFTAR PERTANYAAN
1. Bergerak di bidang apakah PLAT H AUTO STATION ini?
2. Apakah filososi dari nama PLAT H AUTO STATION ?
3. Sejak Kapan PLAT H AUTOSTATION didirikan?
4. Berasal darimanakah modal awal pendirian PLAT H AUTO STATION?
5. Berapa jumlah karyawan di PLAT H AUTO STATION?
6. Bagaimanakah sistem pelayanan costumer di PLAT H AUTO STATION?
7. Apakah di PLAT H AUTO STATION ada PKWT dan tenaga kerja oursourcing?
8. Apakah di PLAT H AUTO STATION menerima karyawan magang?
9. APD apa sajakah yang dsediakan PLAT H AUTO STATION ?
10. Bagaimana sistem jam kerja di PLAT H AUTO STATION ?
11. Punishment dan Reward apa apa saja yang diberikan PLAT H AUTO STATION pada karyawan?
12. Kendala apa saja yang dihadapi PLAT H AUTO STATION dalam menghadapi karyawan dan konsumen?
13. Adakah regenerasi (pergantian/pembaharuan ) karyawan?
14. Bagaimana cara membuat karyawan nyaman bekerja di PLAT H AUTO STATION?
15. Bagaimana sistem penggajian untuk karyawan?
16. Prestasi apa saja yang sudah diraih PLAT H AUTO STATION?
17. Adakah pelatihan khusus untuk meningkatkan ketrampilan karyawan?
18. Bagaimana PLAT H AUTO STATION  membentuk hubungan dengan mitra kerja?
19. Ap saja syarat-syarat minimal yang digunakan untuk recruitmen tenaga kerja?
20. Bagaimana PLAT H AUTO STATION bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama?
21. Apakah harapan kedepan PLAT H AUTO STATION?
  VII.             
1.       Perusahaan ini bergerak dibidang apa?
Bengkel plat h bergerak dibidang jasa perbaikan peralatan mobil, peralatan  kecil-besar. Kecil (ditempat tune up,diselesaikan 2-3 jam ringan, service besar (overhole engine, overhole mesin ,turun mesin) membutuhkan waktu 1 mggu
2.       Filosofi nama plat H ?
Lahirnya nama plat H, nama bgkel disemarang kan banyak kita pendiri berlima berfikir ttg nama yg intinya nama itu identitas kota semarang (missal loenpia motor service) akirnya tercetus nama plat h yang mana H itu semarang.. tidak panjang simple. Yg memprakarsai ada 5 orang salah satunya pak budi sendiri.2005
3.       Berdirinya taun ?
23 maret 2004
4.       Perusahananya saham atau gmana?
Modal bersama, berkeingiinan tiap orang sama supaya tidak terjadi perselisihan dan pembedaan
5.       Karyawan total?
35 karyawan, bagian lapangan(service-mekanik) keamanan, adm ada 5, kepala regu 3, antar jmput 4,spearpat 5
6.       Layanan antar jemput?
Pelanggan yang rata rata orang kerja mengingat plat h berada di tengah kota..jadi on call (mogok, service)tidak dipungut biaya.
7.       Pekerja disini ada yg ooutsourcing?
Masuk sini itu 3 bulan training(penyesuaian) dalam kenyataanya rat rata tidak sampai 3 bulan dengan berbagai pertimbangan karyawan tersebut langsung diangkat menjadi karyawan tetap
Tidak ada tenaga kontrak jika dirasa cocok dan pihak pekerja juga cocok maka langsung diangkat
8.       Adakah karyawan magang?
Dulu sering, karna bengkel ttg ketrampilan. Kadang temen bengkel kalo dikasi anak magang malah menyepelekan .kmdian ada keluhan dari pelanggan sering ada bunyi atau hal lain. Shg untuk magang sekarang sudah dibatasi(sering dari stm dan unes).tetep ada Cuma dibatasi, Cuma imbasnya k plat h banyak komplain
9.       Ada alat pelindung diri??
Kerjanya ga terlalu bahaya malah justru melindungi apa yg dkerjakan, undercover.. ada aspar, tanda tanda peringatan. Biasanya kita peringatkan, mmengecek kondsi mobil benar benar aman,( transmisi netral)wearpack,
10.   Jam kerja?
8.15 – 17.00
11.   Lembur??
Kalo kelebihan waktu dihitung lembur, diitungnya gak jam jam an.
12.   Rewardd?
Cuti 12x setaun disarankan diambilkan 1 bulan sekali, jika tidak diambil maka diberi reward , refresing 3-6vbulan sekali
13.   Hari kerja?
Senin-sabtu sabtu pulang mundur pelanggan orang kerja biasanya sabtu dimanfaatkan benerin mobil, sabtu sblm libur senin juga rame
14.   Kendala mghadai karyawan?
Bulan dimana anak sekolah masuk ajaran baru mobil datang mengalami turun mengadakan paket bulan juli, dan lebaran, soal karyawan mau dirangkul semua tapi pasti ada yg menyimpang juga, karyawan masi muda jadi masi melirik sana sini dan membandingkan dengan bgkel lagi, pernah ada kasus(yg mau keluar karna tergiur kmudian ingin balik lagi)
15.   Ada regenerasi karyawan tiap beberapa taun gitu pak ?
Tidak ada, fleksibel
16.   Sistem pelayanan pada pelanggan?
Mobil datang GS suru masuk keadm bikin tanda terima keluhannya apa dan bisa mengestimasi pengerjaannya
17.   Membuat karyawan nyaman?
sebetulnya nyamn tidaknya tidak bisa ditentukan tergantung pribadi masing masing, tp kita mencoba mebuat dengan berbagai fasilitas seperti ada kantin waktunya juga saya beri toleransi, reward,mengadakan refresing,
18.   Sistem gaji?
terbilang kuno, karena scr langsung dan face to face keuntungannya jadi tiap bulan bisa mengutarakan keluhan atau unek uneknya saling mengevaluasi dan sharing.
19.   sangsi?
Terkenal kaku sangar, sebenarnya saya orangnya positif aja jika tidak ada sesuatu yang dirasa idak trll fatal buat apa marah marah mending dibicarain biak baik, masalah hari ini ya hari ini diselesaikan besok harus kerja pro..
saya kurang tegas dalam hal memberi sangsi, selain menipu dan mencuri saya masih bisa mengampuni. Biasanya ada kecemburuan antar karyawan dimana pekerja yg rumahnya jauh sering telat diberi toleransi.
20.   Piagam2?
itu sertifikat pelatihan atau menang kontes kontes, sertifikat jasa/ahli, beda dengan dealer  yg peralatannya canggih,sbg bukti saja
21.   Ada pelatian kusus untuk meningkatkan keterampilan pekerja??
dulu sering, dari Toyota setaun sekali mengajak perusahhan otomotif selain dealer, memberikan diklat selama 3 bulan, pelatian pajak, administrasi dll. Pihak perusahaan juga meensuport keg ini, supaya pekerja termotifasi,dulu juga sering ada training tiap hari rabu jam 8 tapi hadir jam 7. 1 jam kusus untuk pelatian bengkel.
22.   Mitra kerja?
ada banyak Cuma dipili yg menguntungkan dan ada timbale baliknya, sistem jatuh tempo juga.
Pemerintahan, Kejaksaan, bank bni,olimart, stasiun tv,
23.   Perekrutan karyawan?
Mekanik dulu waktu pertama kali buka dari mereka yang diutamakan karakternya, kalo ketrampilan hanya tinggal jam terbangnya saja, tapi akir ini liat usia, pengalaman kerja
Mekanik min stm
Custser smea
Pajek pengalaman
Spearpat tengga atau sodara
24.   Persaiang dg perusahhan lain??
Bengkel itu kan umum, mengutamakan kualitas dan pelayanan gamau kalah walau alat kuno, meminimalis kesalahan,
25.   Cita cita?
Berguna bagi masyarakat sekitar semarang memfasilitasi smrg .

0 komentar: